Mengapa harus belajar Digital Marketing ?

Selamat Datang di Kaysha Store, Kaysha Store adalah Toko Online bagian dari Toko Online Fina Catering Hubungi WA admin 08123093698, Follow IG @finacatering77

 



Sejak awal tahun 2000, teknologi informasi telah memasuki pasar utama dan dikembangkan lebih jauh menjadi apa yang disebut sebagai new wave technology. New wave technology adalah teknologi yang memungkinkan konektivitas dan interaktivitas antar individu dan kelompok (Kotler, 2011 : 5). New wave meliputi tiga kekuatan utama: komputer dan telepon genggam yang murah, internet yang murah, dan open source. Dalam era new wave, ekonomi yang dipertimbangkan tidak hanya pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga, dan inflasi saja melainkan juga faktor ekonomi digital. Keberadaan ekonomi digital ditandai dengan semakin maraknya bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi, kolaborasi dan kooperasi antar perusahaan ataupun antar individu.

Bisnis dan marketing adalah dua hal yang tidak mungkin berpisah, dan internet marketing dengan teknologi digital adalah metode marketing masa kini.

Istilah digital marketing sudah tidak asing di telinga masyarakat saat ini. Saat ini, banyak orang dan perusahaan yang memasarkan produknya melalui digital marketing. Berbagai perusahaan pun banyak mencari — cari pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Selain memasarkan produk, digital marketing dapat memasarkan/menawarkan jasa sesuai dengan keahlian/bidangnya. Jadi, mari ketahui apa sebenarnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang bisa dilakukan lewat Digital Marketing ini. Mungkin diantara kalian ingin menjadi pengusaha atau ingin mendalami ilmu Digital Marketing, wajib tahu soal jenis pemasaran terbaru ini agar penjualan produk meningkat.

Apa itu Digital Marketing ?

Digital marketing adalah Suatu usaha untuk memperkenalkan suatu produk kepada pembeli/calon pembeli/konsumen. Dengan digital marketing, maka penjualan produk/jasa dapat terjangkau ke seluruh daerah tanpa batasan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Setelah mengetahui pengertian Digital Marketing, mungkin kalian bertanya-tanya, “lalu apa tujuan yang dicapai melalui Digital Marketing ini?.” Mari kita ketahui bersama.

Apa Sih Tujuan Digital Marketing ?

Tujuan utama dari Digital Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

Mengapa harus menggunakan Digital Marketing ?

karena dengan menggunakan digital marketing, pekerjaan yang akan dijalankan lebih fleksibel, dapat berkomunikasi dengan calon konsumen dengan mudah dan cepat, menghindari pemborosan resoure dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Keunggulan Digital Marketing

Mengapa strategi marketing yang satu ini sangat populer? Karena strategi ini menawarkan begitu banyak keunggulan, terutama bila dibandingkan dengan teknik marketing konvensional.

Keunggulan digital marketing yang bisa didapatkan berupa:

  1. Biaya Terjangkau
  2. Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat
  3. Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal
  4. Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif
  5. Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi
  6. Digital Marketing mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Strategi Digital Marketing yang paling utama adalah menggunakan optimasi SEO, Jika sudah memiliki aset digital berupa website (baik blog ataupun wordpress), Google My business, Sosial Media dan saluran digital lain yang digunakan untuk pemasaran online, maka wajib mempelajari Search Engine Optimization (SEO). SEO dalam bahasa sederhana bisa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi mesin pencari Google untuk merekomendasikan bisnis kita dalam daftar pencarian online.

Menguasai SEO memang tidak mudah, setidaknya anda memahami dasar-dasarnya. Alasannya sudah tentu karena calon konsumen potensial anda menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk barang atau jasa. Sejak adanya Google, sebagian besar orang mencari informasi secara online melalui mesin pencari (search engine).

Nah, SEO bisa membantu bisnis anda berada di peringkat teratas dan halaman satu mesin pencari. Menurut data yang dipublikasikan Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ke tiga halaman satu pencarian online mendapatkan lebih dari 50 persen klik. Artinya, kesempatan audiens menemukan dan memutuskan untuk membeli produk kalian lebih besar. Melalui SEO akan dapat mendapatkan ribuan kunjungan ke website setiap hari. Hal ini membuka peluang yang lebih besar agar produk yang dijual diakses oleh konsumen potensial. Selain itu, juga harus menyadari bahwa kemungkinan besar banyak produk yang serupa dengan bisnis yang dijalankan. Menguasai SEO juga menjadi cara yang efektif untuk menyingkirkan kompetitor dari daftar pencarian online.

Yang perlu diketahui bahwa pengunjung mesin pencari merupakan orang yang sudah berniat untuk mencari informasi dan membeli produk. Sebuah website yang telah dioptimasi memiliki peluang untuk mendatangkan tingkat konversi lebih besar.

Pada dasarnya mesin pencari seperti Google menginginkan setiap penggunanya puas terhadap layanan mereka. Maka dari itu, Google akan merekomendasikan website terbaik berdasarkan kata kunci yang dicari audiens muncul dalam daftar teratas peringkat pencarian. Agar konten yang dibuat tidak sia-sia, ada baiknya melakukan riset kata kunci. Keywords dengan pencarian tinggi, memungkinkan konten akan masuk dalam peringkat atas daftar pencarian Google. Ada banyak website untuk riset kata kunci, misalkan Keyword Revealer, Semrush Keyword Overview tools, Wordtracker, dsb.

Artikel ini pernah dipublikasikan di www.smkikipsby.sch.id dengan penulis Erwin Setya Ananda

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Digital marketing klik tautan berikut ini https://lspdigital.id/profil/1/lembaga-sertifikasi-profesi



Comments

Popular posts from this blog

Digital Marketing

Lembaga Sertifikasi Profesi

Strategi Digital Marketing