Mengapa harus belajar Digital Marketing ?
Sejak awal tahun 2000, teknologi
informasi telah memasuki pasar utama dan dikembangkan lebih jauh menjadi apa
yang disebut sebagai new wave technology. New wave technology adalah
teknologi yang memungkinkan konektivitas dan interaktivitas antar individu dan
kelompok (Kotler, 2011 : 5). New wave meliputi tiga kekuatan utama:
komputer dan telepon genggam yang murah, internet yang murah, dan open
source. Dalam era new wave, ekonomi yang dipertimbangkan tidak hanya
pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga, dan inflasi saja melainkan juga faktor
ekonomi digital. Keberadaan ekonomi digital ditandai dengan semakin maraknya
bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai medium
komunikasi, kolaborasi dan kooperasi antar perusahaan ataupun antar individu.
Bisnis dan marketing adalah dua hal
yang tidak mungkin berpisah, dan internet marketing dengan teknologi
digital adalah metode marketing masa kini.
Istilah digital marketing sudah
tidak asing di telinga masyarakat saat ini. Saat ini, banyak orang dan
perusahaan yang memasarkan produknya melalui digital marketing. Berbagai
perusahaan pun banyak mencari — cari pekerja digital marketer untuk mendukung
bisnisnya. Selain memasarkan produk, digital marketing dapat
memasarkan/menawarkan jasa sesuai dengan keahlian/bidangnya. Jadi, mari ketahui
apa sebenarnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa
saja yang bisa dilakukan lewat Digital Marketing ini. Mungkin diantara kalian
ingin menjadi pengusaha atau ingin mendalami ilmu Digital Marketing, wajib tahu
soal jenis pemasaran terbaru ini agar penjualan produk meningkat.
Apa
itu Digital Marketing ?
Digital marketing adalah Suatu usaha
untuk memperkenalkan suatu produk kepada pembeli/calon pembeli/konsumen. Dengan
digital marketing, maka penjualan produk/jasa dapat terjangkau ke seluruh
daerah tanpa batasan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan
dalam psikologi pasar dan teknologi. Setelah mengetahui pengertian Digital
Marketing, mungkin kalian bertanya-tanya, “lalu apa tujuan yang dicapai melalui
Digital Marketing ini?.” Mari kita ketahui bersama.
Apa
Sih Tujuan Digital Marketing ?
Tujuan utama dari Digital Marketing
adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau
target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih
efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau
bisnis.
Mengapa
harus menggunakan Digital Marketing ?
karena dengan menggunakan digital
marketing, pekerjaan yang akan dijalankan lebih fleksibel, dapat berkomunikasi
dengan calon konsumen dengan mudah dan cepat, menghindari pemborosan resoure
dan menjangkau pasar yang lebih luas.
Keunggulan
Digital Marketing
Mengapa strategi marketing yang satu
ini sangat populer? Karena strategi ini menawarkan begitu banyak keunggulan,
terutama bila dibandingkan dengan teknik marketing konvensional.
Keunggulan digital marketing yang
bisa didapatkan berupa:
- Biaya Terjangkau
- Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat
- Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang
Ideal
- Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih
Kompetitif
- Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi
- Digital Marketing mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas
Strategi Digital Marketing yang paling utama adalah menggunakan optimasi SEO, Jika sudah memiliki aset digital
berupa website (baik blog ataupun wordpress), Google My business, Sosial
Media dan saluran digital lain yang digunakan untuk pemasaran online, maka
wajib mempelajari Search Engine Optimization (SEO). SEO dalam bahasa sederhana
bisa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi mesin pencari Google untuk
merekomendasikan bisnis kita dalam daftar pencarian online.
Menguasai SEO memang tidak mudah,
setidaknya anda memahami dasar-dasarnya. Alasannya sudah tentu karena calon
konsumen potensial anda menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk barang
atau jasa. Sejak adanya Google, sebagian besar orang mencari informasi secara
online melalui mesin pencari (search engine).
Nah, SEO bisa membantu bisnis anda
berada di peringkat teratas dan halaman satu mesin pencari. Menurut data yang
dipublikasikan Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ke tiga
halaman satu pencarian online mendapatkan lebih dari 50 persen klik. Artinya,
kesempatan audiens menemukan dan memutuskan untuk membeli produk kalian lebih
besar. Melalui SEO akan dapat mendapatkan ribuan kunjungan ke website setiap
hari. Hal ini membuka peluang yang lebih besar agar produk yang dijual diakses
oleh konsumen potensial. Selain itu, juga harus menyadari bahwa kemungkinan
besar banyak produk yang serupa dengan bisnis yang dijalankan. Menguasai SEO
juga menjadi cara yang efektif untuk menyingkirkan kompetitor dari daftar
pencarian online.
Yang perlu diketahui bahwa
pengunjung mesin pencari merupakan orang yang sudah berniat untuk mencari
informasi dan membeli produk. Sebuah website yang telah dioptimasi memiliki
peluang untuk mendatangkan tingkat konversi lebih besar.
Pada dasarnya mesin pencari seperti Google menginginkan setiap penggunanya puas terhadap layanan mereka. Maka dari itu, Google akan merekomendasikan website terbaik berdasarkan kata kunci yang dicari audiens muncul dalam daftar teratas peringkat pencarian. Agar konten yang dibuat tidak sia-sia, ada baiknya melakukan riset kata kunci. Keywords dengan pencarian tinggi, memungkinkan konten akan masuk dalam peringkat atas daftar pencarian Google. Ada banyak website untuk riset kata kunci, misalkan Keyword Revealer, Semrush Keyword Overview tools, Wordtracker, dsb.
Artikel ini pernah dipublikasikan di www.smkikipsby.sch.id dengan penulis Erwin Setya Ananda
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Digital marketing klik tautan berikut ini https://lspdigital.id/profil/1/lembaga-sertifikasi-profesi

Comments
Post a Comment